Busi memiliki peranan penting dalam sistem pengapian di kendaraan seperti motor.
Fungsi busi yakni untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan koil, menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang telah dikompresi.
Untuk mengetahui apa saja komponen-komponen yang ada pada busi, yuk simak lebih jelasnya di bawah ini.
1. Terminal
Pada salah satu pucuk busi terdapat sebuah terminal penghubung busi dengan sistem ignition. Material terminal sendiri terbuat dari besi.
2. Insulator
Insulator terbuat dari porselen atau keramik.
Fungsi utamanya memberikan topangan mekanik bagi inti elektroda yang berada di tengah.
Insulator sekaligus berfungsi sebagai isolator elektrik terhadap tegangan tinggi yang akan mengalir di inti elektroda.
3. Ribs
Setiap busi bentuknya hampir sama, terdapat lekuk-lekuk pada bagian insulatornya.
Dengan adanya bentuk ribs atau corrugation ini, maka jarak antara inti elektroda dengan ground akan semakin jauh
Semakin jauh jaraknya, maka hambatan antar inti besi dan ground juga semakin besar, sehingga tegangan tidak langsung lompat dari inti besi ke ground sekitar busi.
4. Insulator Tip
Ujung dari insulator atau insulator tip ini akan mengalami peristiwa pembakaran di ruang bakar, sehingga material yang digunakan harus tahan terhadap temperatur tinggi.
Rata-rata ujung insulator mampu menahan temperatur 650 derajat celcius dan mampu menahan tegangan hingga 60.000 Volt.
Panjang pendeknya ujung insulator ini juga akan menentukan jenis sebuah busi. Apakah ia busi panas atau busi dingin.
5. Seal
Seal atau gasket berfungsi agar kompresi dari ruang bakar tidak ada yang keluar melalui celah drat busi.
6. Metal Case
Metal case atau disebut juga jaket berfungsi mengunci busi ke silinder head.
Fungsi lainya sebagai material konduksi yang memiliki daya hantar panas yang baik, sehingga panas dari busi dapat dikonduksikan ke tempat lain
7. Center Electrode
Inti elektroda bisa terbuat dari kombinasi tembaga, besi dan nickle, atau logam-logam terbaik lainnya.
Fungsi inti elektroda ini untuk menyalurkan energi listrik.
8. Side Electrode (Ground)
Elektroda samping atau ground adalah bagian ujung busi yang bersentuhan langsung dengan body atau ground kendaraan kita.
Sehingga ini merupakan perjalanan terakhir dari api koil.