Seal kruk as motor matic adalah komponen yang berfungsi untuk mencegah oli mesin merembes ke CVT. Jika seal kruk as rusak, maka oli mesin akan merembes ke CVT dan menyebabkan CVT slip, mesin panas, dan bahkan mesin jebol.
Ada dua penyebab utama seal kruk as motor matic cepat rusak, yaitu:
- Suhu mesin yang panas
- Kruk as yang sudah haus
Suhu mesin yang panas dapat menyebabkan seal kruk as cepat rusak karena seal kruk as terbuat dari karet. Karet akan memuai, mengeras, dan getas jika terkena suhu yang panas.
Cara untuk mencegah seal kruk as rusak karena suhu mesin panas adalah dengan mengganti oli mesin secara rutin. Oli mesin berfungsi untuk mendinginkan mesin, sehingga dengan mengganti oli mesin secara rutin, maka suhu mesin akan terjaga dan seal kruk as akan lebih awet.
Selain itu, jika motor Anda memiliki radiator, maka perlu juga untuk memeriksa kondisi air radiator secara rutin. Air radiator yang kurang atau kotor juga dapat menyebabkan mesin menjadi panas.
Kruk as yang baret / sudah haus juga dapat menyebabkan seal kruk as cepat rusak karena seal kruk as tidak akan menutup rapat jika kruk as baret / sudah haus.
Cara untuk mencegah seal kruk as rusak karena kruk as yang tidak halus adalah dengan memastikan bahwa kruk as dalam kondisi halus saat memasang seal kruk as. Jika kruk as baret / sudah haus, maka dapat dihaluskan dengan menggunakan amplas atau gerinda.
Tips untuk mencegah seal kruk as motor matic cepat rusak:
- Ganti oli mesin secara rutin setiap 2.500-3.000 km.
- Periksa kondisi air radiator secara rutin.
- Pastikan kruk as dalam kondisi halus saat memasang seal kruk as.